Powered by Blogger.
RSS

Komisi

Post Icon

CONTOH RPP YANG TELAH DIADAPTASI DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER




RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs
:
................................
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
VII / 2 ( Genap)
Alokasi Waktu
:
2 Jam pelajaran (1 x pertemuan)/2x40  
menit
Aspek /Unit
:
Membaca
Karakter
:
Teliti, kerjasama, menghargai pendapat orang lain, percaya diri, teliti dan cermat

A.    Standar Kompetensi
3. Memahami ragam wana tulis dengan membeca intensif, membaca
    ekstensif, dan   membaca nyaring
B.   Kompetensi Dasar
3.1  Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca
        intensif
C.   Indikator
       1. Siswa mampu memahami isi bacaan 
       2. Siswa mampu menemukan pokok-pokok informasi yang akan 
           didiskusikan
D.    Tujuan   Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran standar komptensi ini, siswa diharapkan
  1. Membaca dengan intensif wacana yang disediakan guru (cermat/teliti)
  2. Menemukan informasi dalam wacana yang dibaca   ( cermat dan teliti)
  3. Mengidentifikasi pokok-pokok informasi yang ada dalam bacaan sebagai bahan diskusi ( kecepatan dan kesesuaian )
  4. Mengidentifikasi  kosakata sulit yang terdapat dalam bacaan      ( keaktivan)
  5. Menggunakan kosakata sulit dalam berbagai konteks kalimat untuk menemukan makna kata ( keaktivan)
  6. Menjelaskan ide-ide pokok/ pokok-pokok informasi yang ditemukan  
     ( penuh percaya diri.)
  1. Mendikusikan pokok-pokok informasi yang ditemukan dari bacaan yang dibaca (Bekerjasama, menghargai pendapat orang lain,
     E. Materi Pembelajaran
1.      Pengertian membaca, membaca intensif
2.      Ide pokok, ide penjelas
3.      Kosakata, kosakata khusus, kosakata umum
4.      Kecepatan membaca ( ukuran kecepatan membaca)
5.      Cara menghitung kecepatan membaca

  1. Metode  Pembelajaran
1.      Diskusi                              
2.      Inquiri                                    
3.      Tanya jawab
4.      Simulasi
5.      Observasi /Pengamatan/Penugasan

E.     Kegiatan Pembelajaran


No
Kegiatan Pembelajaran
Metode/stratgei
Waktu
Guru atau siswa
Domain
Karakter
1.
Pendahuluan
a. .Berdoa
b.  Mengecek kehadiran  
      siswa
c. Menanyakan kabar siswa – dengan  
   fokus pada mereka yang tidak   
  datang dan/atau yang pada   
   pertemuan sebelumnya tidak datang d. Apersepsi: Kemukakan/ Sebutkan salah satu buku/cerita yang pernah kalaian baca. ( Ricek aktivitas siswa)
e. .Guru menginformasikan KD,
     indikator dan tujuan pembelajaran.



Ceramah

 



 “5 menit
Guru
Kognitif

Afeksi


Afeksi





Afeksi





Kognitif
 Ketaqwaan



 
Kedisiplinan





Kepedulian, empati




Motivasi





Tanggungjawa b
2.
Kegiatan inti
a. peserta didik dibagi dalam empat  
     kelompok.
b. setiap kelompok diberi wacana yang akan  dibaca dan ditugasi  untuk membaca,   mengindentifikasi pokok-pokok  informasi,  kosakata sulit.
c. Setiap kelompok membuat laporan  
    hasil  pengamatan.
d. Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil pengamatannya  berupa informasi pokok/kosakata sulit yang ditemukan dalam teks yang dibaca.dan kelompok lain memberikan tanggapan, sambil menuliskan pertanyaan, tanggapan, dan jawaban
e. guru memberikan penguatan
    tentang   materi yang telah  
    didiskusikan.



 Penugasan
  


Inquiri





Penugasan



Simulasi dan Tanya jawab









Ceramah
“2 menit




“7 menit





’10 menit



40 menit










10 menit
Guru




Siswa





Siswa



Siswa










Guru
Psikomotor




Psiko/kog





Psiko/afeksi



Psiko/afaksi










Kog/evalausi
Tanggungjawab,kerjasama



Kerjasama





Tanggungjawab/kekativan/bekerjasama

Keaktivan/Tanggungjawab/saling menghargai/Percaya diri






Tanggungjawab
3.
Penutup
a. Guru bersama siswa
     menyimpulkan pelajaran

b. Refleksi :  Peserta didik   
    mengungkapkan kesan terhadap   
    pentingnya memahami informasi    sebelum melakukan sesuatu
b.b Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa pertemuan berikutnya mempelajari  menulis puisi
c  Berdoa  
d.Ke luar kelas atau istrihat dengan  
   tertib pada waktunya  

Curah pendapat





Pengamatan 










Arahan.
 “5 mernit





“ 5menit










“3 menit



2 menit
Guru dan siswa




Guru










Guru



siswa
Psiko/afeksi





Psiko/kog










Afeksi/Psi



Psik-/afeksi
Tangungjawab





Tanggungjawab/antisipasi









Ketaqwaan



Ketertiban



F Sumber dan Media Pembelajaran
1.       Wacana/teks
2.       Spidol
3.      Kertas karton/ HVS
4.      Lembar  Penilaian Psikomotorik/Kektivan
5.      Buku bahasa Indonesia/ Bahan ajar yang relevan




  1. Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·   Membedakan peta, atlas, dan globe.
·   Mengidentifikasi jenis,bentuk dan pemanfaatan peta.
·   Mengidentifikasi informasi geografis dari peta, atlas dan globe.
·   Mengartikan berbagai skala.
·   Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat

Tes Tulis













Tes unjuk kerja






Self assessment







Tes uraian













Uji petik kerja






Skala Likert

1.      Sebutkan unsur-unsur peta dan atlas.
2.      Berikan masing-masing 2 contoh peta umum dan peta khusus!
3.      Jelaskan 2 bentuk peta!
4.      Sebutkan 3 informasi geografis dari peta!
5.      Amatilah peta dantentukan letak astronomis (lintang dan bujur) Jakarta!
6.      Peragakan gerak rotasi bumi dengan menggunakan globe!
7.      Jika di peta yang berskala 1 : 1.000.000 jarak kota A dan B adalah 5 cm, hitunglah jarak yang sebenarnya!

Carilah letak Kota Bulukumba pada atlas dengan menggunakan indeks!

Pilihlah peta salah satu pulau di Indonesia dalam atlasmu, kemudian perbesarlah 2 kali dengan menggunakan garis-garis koordinator(garis grid)!

Setelah mengikuti pelajaran ini, seberapa baik kalian dalam beberapa hal berikut ini. Silanglah 1 untuk BELUM BAIK, 2 untuk CUKUP BAIK, 3 untuk BAIK,  4 untuk SANGAT BAIK sesuai dengan diri kalian.

1.    Bekerjasama dengan teman sekelas                                 
                                              1     2     3     4
2.    Rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapat                             1     2     3     4
3.    Bekerja dengan cermat/teliti                                           1     2     3     4
4.    Menghargai pendapat teman sekelas                             1     2     3     4


                                                                                          ...................., .........................2010
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ..............................                             Guru Mata Pelajaran,



_____________________                                                ______________________
Lampiran

     






RUBRIK PENILAIAN
      KETERAMPILAN MENGGUNAKAN ATLAS

No
Nama Peserta didik
Aspek yang dinilai/skor maksimal

Jumlah skor
Mencari nama tempat pada daftar indeks
Mencari halaman
Mencari kolom dan baris
Menunjuk letak tempat
5
5
5
5
20













































 RUBRIK PENILAIAN
MEMPERBESAR DAN MEMPERKECIL PETA

No
Nama Peserta didik
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Grid
Bentuk
Skala
Kerapian
5
5
5
5
20
































                                           

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

youtube

Search This Blog

Translate